Sabtu, 02 Januari 2010

Pengamanan dokumen pada Ms.word

Pengamanan dokumen sangatlah penting dilakukan untuk melindungi data - data anda dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Apalagi jika data-data tersebut merupakan data-data yang sangat penting. Pada Ms.word telah disediakan fitur pengamanan pada dokumen tersebut.
Dengan fitur pengamanan tersebut anda dapat melindungi dokumen anda dengan cara memberi password, hanya dapat membaca dokumen tetapi tidak dapat mengubah isinya, dan beberapa fungsi yang lain.
Berikut ini merupakan langkah -langkah yang dapat anda lakukan untuk mengamankan dokumen anda. Namun perlu diingat bahwa pengamanan yang dijelaskan disini tidak termasuk Ms.word 2007.
1. untuk memberi password pada dokumen
Dengan pemberian password ini orang tidak dapat membuka dokumen anda, karena seseorang akan diminta untuk memasukan password. Pertama yang anda lakukan adalah memilih menu Tools - Options kemudian pada kotak dialog yang muncul pilihlah tab security. Pada kotak password to open dan juga password to modify ketikan password yang anda inginkan untuk membuka dokumen anda, setelah itu tekan tombol ok, maka akan muncul kotak dialog lagi yang meminta anda memasukan kembali password yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian tekan tombol Ok.
2. Tidak dapat melakukan copy pada dokumen
Dengan hal ini orang lain hanya dapat membaca dokumen anda namun tidak dapat melakukan copy. Pertama-tama seperti langkah 1, pilih Tools - options kemudian pada kotak dialog yang muncul pilihlah tab security dan pilih protect document, pada kotak dialog pilihlah forms. Pemilihan ini dimaksudkan agar kursor tidak dapat digerakkan dan tidak bisa melakukan pemilihan dokumen, setelah itu klik ok. selain pilihan forms terdapat juga pilihan track changed sehingga fungsi track changed menjadi aktif dan pilihan comments yang berarti seseorang tidak dapat mengedit isi dari dokumen karena fungsi tombol keyboard tidak dapat dijalankan seperti penggunaan tombol spasi maupun huruf.
Beberapa hal diatas dapat anda praktekkan, sesuai dengan pengamanan yang anda inginkan. untuk menonaktifkan fungsi pengamanan tersebut anda dapat melakukan dengan cara memilih unprotect dokumen pada menu tools. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian ^^
Referensi :
Efvy Zamidra Zam, "101 Teknik Tersembunyi dalam Microsoft Word": Gava Media, 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's to visit my blog's