Sabtu, 02 Januari 2010

VoIP

Ip telephony atau yang biasa dikenal dengan nama voice over Ip (VoIp) adalah teknik untuk bertelepon diatas jaringan internet, merupakan teknologi pengiriman voice dan juga menjadi dasar dari Next Generation Network (NGN) maupun jaringan selular 4G yang digunakan oleh operator telekomunikasi masa datang.Teknologi pengiriman voice (dimungkinkan juga untuk tipe data multimedia yang lain) dilakukan secara real time, antara dua atau lebih user dengan melewati jaringan yang menggunakan protokol - protokol internet.
Terdapat 3 cara konfigurasi Voip, sebagai berikut :
1. Phone to phone
Menghubungkan antara telepon dengan telepon melewati jaringan IP dengan menggunakan perangkat VoIp Gateway yang berfungsi untuk melakukan konversi voice menjadi data.
2. Pc to Pc
menghubungkan antara terminal Pc dengan Pc lainnya menggunakan perangkat router. Proses encoding, kompresi, dan enkapsulasi terjadi pada PC, sedangkan router bertugas mengenali IP Address.
3. Phone to Pc
menghubungkan antara terminal Pc dengan terminal telepon atau sebaliknya dengan menggunakan suatu gateway untuk proses konversi suara menjadi data dan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's to visit my blog's