Selasa, 27 April 2010

Teknologi Robot

Robot merupakan sebuah teknologi yang sedang dikembangkan sekarang ini. Kata Robot berasal dari kata ‘robota’ yang mempunyai arti “pekerja sendiri”. Kata robot diperkenalkan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama Karel.

Sejarah robot :

1. Pada tahun 1938 Jacques de Vaucanson yang membuat bebek mekanik yang dapat memakan dan mencincang biiji bijian, membuka dan menutup sayapnya.

2. Pada tahun 1796, Hisashine Tanaga di Jepang berhasil membuat mainan mekanik yang dapat menghidangkan the dan menulis huruf kanji.

3. Pada tahun 1926, Nikola Tesla mendemonstrasikan perahu bot yang dapat dikontrol dengan radio.

4. Pada tahun 1928, Makoto Nishimura membuat robot pertama di Jepang.

Dengan semakin berkembangnya teknologi Elektronika, maka perkembangan robot ini melaju pesat. Pada tahun 1948, William Grey Walter membuat robot elektronik otomatis pertama dimana robot ini dapat merespon cahaya dan dapat melakukan kontak dengan objek dari luar. Sedangkan pada tahun 1954, saat dimulainya zaman digital, sebuah robot digital yang dapat diprogram ditemukan oleh George Devol.

Sekarang ini teknologi robot yang digunakan semakin berkembang. Hal ini tampak dari penggunaan robot diberbagai bidang kehidupan seperti bidang industry, kesehatan (rumah sakit), transportasi, pendidikan dan dalam kehidupan sehari – hari. Seperti robot yang digunakan untuk mengecat mobil, robot yang digunakan untuk merakit komponen elektronik dan juga humanoid robot yaitu robot yang memiliki muka, yang mampu berjalan dan bertindak seperti manusia.

Teknologi robot yang semakin berkembang ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah manusia dalam melakukan suatu pekerjaan tanpa menggantikan posisi dan peran dari manusia tersebut.


Sumber :

http://www.bangbangwetan.com/artikel/gagasan/209-teknologi-robot-dan-teknologi-manusia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's to visit my blog's