Senin, 10 Mei 2010

Keyboard vs Voice recognition

Keyboard

Keyboard merupakan suatu istilah bagi perangkat keras (hardware) yang tidak asing lagi di telinga para pecinta teknologi informasi baik para ahli, kalangan pelajar sampai orang awam sekalipun. Dengan menggunakan keyboard seseorang dapat memasukan data (berupa kalimat dan symbol – symbol khusus) ke dalam komputer. Adapun jumlah keseluruhan tombol pada keyboard adalah 104 dan mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Keyboard dibedakan menjadi 5, yaitu:

1. Keyboard Serial

Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At

2. Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.

3. Keyboard Wirelles

Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi, yang digunakan infra red, wifi ataupun Bluetooth. Namun memiliki kelemahan yaitu bekerjanya harus menggunakan batteries dan memiliki kemungkinan menghadapi masalah tentang bocornya data yang bersifat rahasia.

4. Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.

5. Keyboard Virtual

Keyboard virtual adalah salah satu fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada keyboard biasa. Dalam dunia PC desktop, program windows XP, keyboard virtual atau On-Screen Keyboard, bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse. Selain praktis, keyboard virtual ini bisa disambungkan dan digunakan melalui PDA, saluran telepon, laptop, pc tablet, pelengkap peralatan di luar angkasa, dll. Produk ini juga lebih steril dibandingkan penggunaan keyboard manual

Voice Recognation

Voice Recognation atau pengenal suara merupakan kemampuan mengenal secara spesifik suara individual, dan mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengan menggunakan teknologi ini anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari IBM. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa di masa mendatang tidak menutup kemungkinan jika kita akan menggunakan teknologi voice recognation sebagai pengganti keyboard, dimana seseorang yang akan menginput suatu data tidak lagi menggunakan keyboard melainkan dengan suara (voice). Hal ini telah terbukti dengan lahirnya aplikasi – aplikasi mobile yang telah menggunakan teknologi ini. Sebagai contoh : Perusahaan Apple baru –baru ini telah bekerja sama dengan siri sebuah perusahaan yang menyediakan layanan aplikasi mobile di bidang voice recognition untuk membuat suatu aplikasi yang mengkombinasikan sistem GPS, teknologi speech recognition, serta algoritma pencarian, untuk memberikan informasi tentang restauran, bioskop, acara, atau cuaca. Kemudian Nokia yang sudah mulai menggunakan aplikasi voice recognation yaitu software konversi untuk ponsel yang menggunakan Symbian OS 60. Aplikasi ini mengkonversi semua tulisan pada ponsel menjadi suara dan memperbesar semua tampilan di ponsel untuk mereka yang memiliki keterbatasan saat melihat layar ponselnya. Versi terbaru ini memiliki kemampuan Text-to-Speech yang bisa digunakan untuk menambah dan mencari kontak pada, kalender, notes, memanajemen panggilan. Aplikasi ini juga mendukung caller ID, sms, file help, browser, dan bahkan mengedit dokumen office karena untuk beberapa ponsel Nokia melengkapinya dengan aplikasi QuickOffice. Applikasi ini bisa diregistrasikan dengan SIM Card yang kita pakai, sehingga aplikasi ini bisa diinstal di beberapa ponsel selama kita masih menggunakan SIM Card yang sama. Aplikasi tambahan yang bisa dipasangkan dengan aplikasi ini adalah DAISY2GO Audio Book Player, dari namanya saja dapat kita tebak bahwa fungsi aplikasi tersebut adalah untuk menjadikan ponsel kita sebagai pembaca eBook berbentuk suara (Audio Book). TALK&ZOOM 4.0 tersedia dalam 20 bahasa, dapat dijalankan pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian 60 edisi ke dua dan ketiga, aplikasi Nuance TALK&ZOOM dapat diperoleh di situs Nuance.


Sumber :

http://illtorro.blogspot.com/2009/06/keyboard.html

http://www.total.or.id/info.php?kk=Voice%20recognition

http://mti.ugm.ac.id/

http://teknologi.vivanews.com/news/read/147603-apple_akuisisi_startup_di_bidang_voice_search

http://www.feedberry.com/2009/06/27/nokia-menggunakan-aplikasi-voice-recognition/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's to visit my blog's